Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin, Ini Bahayanya! 

Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin, Ini Bahayanya! 

Metroterkini.com - Sebuah video yang merekam mobil digoyang-goyangkan ketika mengisi bensin di SPBU, viral di media sosial Instagram, Rabu (18/8/2021). 

Dalam video yang diunggah akun @makasar_info, terlihat antrean kendaraan yang akan mengisi bensin di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum. 

Seorang pemilik mobil menggoyang-goyangkan mobilnya dengan penuh tenaga saat proses pengisian bensin. Berbagai komentar mewarnai unggahan itu. Ada yang menyoroti tindakan menggoyangkan mobil saat pengisian bahan bakar.  

"Mungkin maksudnya biar full bisa kepake sampai akhirat," tulis sebuah akun. 

"Itu kayaknya dia cuci sampai akar-akarnya tempat penyimpanan bensinnya," tulis akun lainnya. 

Apakah menggoyangkan mobil saat mengisi bensin berbahaya? Dosen Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada, Jayan Sentanuhady, mengingatkan, menggoyangkan mobil saat pengisian bensin, berbahaya. 

"Berbahaya. Mengisi bahan bakar enggak perlu digoyang-goyang," kata Jayan dilansir dari Kompas.com, Jumat (20/8/2021). 

Ia mengatakan, bensin merupakan bahan bakar fasenya liquid. Oleh karena itu, dengan sendirinya akan berada di bawah dan udara di tangki akan keluar sendiri. Bahayanya, menurut Jayan, bisa menimbulkan kebakaran. 

"Bisa, karena nozzel bensin bisa bergesekan dengan bibir lubang isi bahan bakar. Jika terjadi gesekan seperti itu maka berpotensi memercikkan api," kata dia. 

Jayan menekankan, tak hanya mobil, hal yang sama juga berlaku untuk pengisian bensin sepeda motor. Mengisi bensin dengan cara menggoyangkan mobil atau motor tidak membuat kendaraan terisi bensin lebih penuh. 

"Kan cairan dengan sendirinya bisa mengisi ke semua bentuk dan lekuk tangki mobil/motor, kalau dengan menggoyang-goyang berharap isinya lebih compact itu tidak mungkin, karena liquid densitasnya pada kondisi lingkungan," kata Jayan. [**]

Berita Lainnya

Index